Sabtu, 21 Oktober 2017

Sampai saat ini masih banyak moulder yang mendesign moldnya dengan cold runner dengan alasan utama tidak menggunakan hot runner adalah karena harganya yang mahal. Padahal bila dihitung secara lebih mendetail dan apabila mould akan dioperasikan untuk waktu yang lama maka pemakaian hot runner system akan sangat menguntungkan dimana production cost menjadi lebih murah karena effisiensinya menjadi lebih baik.

8 Keuntungan Menggunakan Hot Runner System Yudo
Keuntungan Menggunakan Hot Runner System


Kami akan menguraikan 8 keuntungan penggunaan hot runner system sbb :

  1. Runnerless : Jelas dengan menggunakan hot runner akan menghilangkan runner sehingga dalam perhitungan production cost akan menjadi lebih murah karena total berat material berkurang. Meski runner yang dihasilkan oleh cold runner system bisa diolah lagi akan tetapi banyak industri yang tidak mengijinkan penggunaan material resin hasil regrind seperti industri makanan dan obat-obatan. 
  2. Bisa menggunakan mesin injection yang lebih kecil : Pada mould dengan banyak cavity akan terasa perbedaan signifikan thorughput per jamnya apabila menggunakan hot runner dibanding cold runner sehingga mould bisa diproduksi menggunakan mesin dengan screw yang lebih kecil.
  3. Cycle time lebih cepat : Pada mould coluld runner dengan produk kecil akan membuat prosentase berat runner menjadi lebih tinggi. Dengan membandingkan dengan mould yang menggunakan hot runner maka saat proses produksi akan terasa sekali perbedaannya dalam injection time dan cooling time. Dengan hot runner system akan mempercepat cycle time.
  4. Meningkatkan efisiensi produksi : Pemakaian hotrunner system akan mempercepat saat awal run in. Tidak harus repot dengan mengambil runner dan balancing produk akan dapat dicapai dengan lebih mudah.
  5. Kualitas produk lebih baik : Dengan hot runer system pengaturan setting parameter akan lebih mudah. Injection filling dan packing akan lebih baik. Zink mark dan tidak moulded part akan dapat dihindari karena tidak terjadi pressure drop pada runner.  Pengaturan berat produk juga akan dapat dicapai lebih mudah hanya dengan pengaturan temperatur.
  6. Setting automation lebih cepat : Pada perusahaan besar umumnya menggunakan robot untuk mengambil produk dan meletakannya pada conveyor. Dengan hot runner system akan mengurangi pekerjaan karena tidak perlu melakukan pengambilan runner dan memasukannya ke dalam granulator.
  7. Design mold lebih mudah : Dengan hot runner kita dapat meletakan posisi gate ditempat yang kita inginkan. Sudah banyak juga hot runner maker yang menyediakan hot runner type valve gate yang memungkinkan material plastik masuk lebih cepat dengan tampilan hasil yang lebih baik sehingga tidak diperlukan banyak gate dalam satu produk sehingga akan mempermudah peletakan cooling.
  8. Pengaturan balance layout lebih mudah : Dengan hot runner system akan mempermudah designer dalam pengaturan layour balance runner karena hot runner maker bisa membuat layout runner secara bertingkat saat pembuatan manifold. Pada kasus tertentu hal ini menjadikan mould lebih compact. Dengan keadaan ini maka pembuatan mold dengan system stack mould menjadi memungkinkan.

Di Indonesia, hot runner system telah banyak dipakai oleh perusahaan besar dan menengah. Banyak representatif dari hot runner maker yang sudah ada di Indonesia. Salah satunya adalah merk Yudo dimana Yudo saat ini menjadi hot runner system yang paling populer dan menjadi paling favorite mould maker di Indonesia.




Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon