Kamis, 21 September 2017

Ada cara praktis yang sudah umum dipakai untuk menentukan kapasitas daya pendinginan mould. Cara ini lebih sering dipakai daripada cara yang lebih teknis dengan alasan mudah dan tepat guna. Dimulai apabila anda mempunyai project mould baru maka anda harus menyiapkan utility untuk mendukung kelancaran dalam proses produksi nantinya. Yang dimaksud disini adalah daya pompa pendingin air untuk menambah daya motor pompa yang telah ada bilamana pompa pendingin central yang ada dayanya kurang.
Data utama yang dibutuhkan adalah total berat produk dan abfal (bila ada abfal), daya hot runner (bila menggunakan hot runner) dan mould temperature control (bila menggunakan Mtc). Dari total berat produk + abfal dibagi cycle time akan mendapatkan throuput yang diperlukan dalam Kg/hour.

Ilustrasi Kebutuhan Daya Pendininan Mould Injection


Rumusnya sebagai berikut :

Rumus Kebutuhan daya pompa pendingin Mould
Rumus praktis Kebutuhan daya pompa pendingin Mould
Tabel Faktor Pendingin plastik

Sebagai contoh apabila jenis plastik yang digunakan adalah PP dengan throughput produk yang diperlukan dalam satu jam adalah 75 lbs/hr, daya total hot runner misalnya 30 Kw dan dalam prosesnya diperlukan Mtc mould temperatur control dengan daya 5 hp maka cooling load yang diperlukan adalah sbb :

Material load = 75/ 35 = 2.14 ton
Hot runner load = 30 x 0.285 = 8.55 ton
Mtc load = 5 x 0.21 = 1.05 ton
Total load = 2.14 + 8.55 + 1.05 = 11.74 ton = 41.3 Kw

Disini yang dimaksud ton adalah ton refrigeran. 0.285 adalah konversi dari Kw ke ton. 0.21 adalah konversi dari Hp ke ton. Bagaimana cukup mudah bukan. Silahkan dicoba apabila anda harus menentukan dengan cepat kapasitas daya cooling pendingin mould baru anda. Semoga bermanfaat.

Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon