Minggu, 01 Januari 2017

Khususnya di Indonesia ada banyak supplier yang menawarkan hot runner dengan berbagai merek atau brand. Setidaknya ada tiga hot runner yang populer di Indonesia dan sudah banyak dipakai di banyak perusahaan plastik.

Cara dalam memilih hot runner system yang akan dipakai, pertimbangan harga bukanlah menjadi pertimbangan utama meskipun juga harus masuk dalam salah satu kriteria. Hal ini dikarenakan umumnya mould yang menggunakan hot runner direncanakan akan jalan produksi dalam waktu yang lama sehingga pertimbangan kualitas dan efisiensi menjadi pertimbangan utama. Ditempat kami mould kelas menengah harus dapat jalan produksi minimal 3 juta shot dan mould akan jalan long run harus bisa produksi minimal 5 juta shot dengan problem minimal. Untuk itu hot runner system yang anda pilih juga harus bisa mendukung hal tersebut.

10 Pertimbangan Memilih Merek Hot Runner yang Baik
10 Pertimbangan Memilih Merek Hot Runner yang Baik


Dari pengalaman pemilihan hot runner system ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan sbb :
  1. Pupuler : Berapa banyak perusahaan yang telah memakai hot runner dengan merek tersebut. Gali sebanyak mungkin keluhan dari para pemakai terdahulu untuk dapat dipakai sebagai pertimbangan.
  2. After sales service/ fast respon : Lihat berapa banyak support engineer yang menangani after sales service dari supplier yang menawarkan merek tertentu. Hal ini menyangkut seberapa cepat komitmen supplier dalam merespon apabila terjadi masalah pada saat produksi. Dan hal penting lainnya adalah apakah supplier menawarkan training tentang produk mereka.
  3. Fasilitas : Apakah supplier mempunyai fasilitas cad-cam software dan mold flow analysis dan menwarkan bantuan kepada kita untuk mendapatkan posisi gate terbaik dalam filling dan balance.
  4. Banyak pilihan : Apakah merek tersebut mempunyai banyak pilihan type sehingga akan mempermudah designer dalam mendesign mould. Seperti range diameter hot runner, jenis hot tip, range valve gate, submarine gate dll.
  5. Berpengalaman : Kita juga harus melihat seberapa pengalaman supplier dalam hal hot runner. Hal ini akan terlihat saat mereka hanya pasive saja atau banyak memberikan usulan saat dilakukan diskusi project mould.
  6. Kualitas jalur runner pada manifold : Kualitas hot runner ditentukan pada saat pergantian warna. Seberapa cepat pergantian warna dilakukan diatas mesin. Apabila pergantian warna dapat dilakukan dengan cepat maka hal ini menggambarkan pembuatan jalur runner manifold mempunyai kualitas yang sempurna dan itu berarti jalur runner telah terpolish dengan baik, raidius cornernya halus dan tidak mempunyai jalur mati atau dead spot. Pada merek tertentu menwarkan manifold dengan cara pembuatan dengan di brashing atau di spot welding sehingga jalur runner bisa dibuat dengan cara di milling cnc tanpa pengeboran dan memungkinkan dilakukan polishing secara sempurna.
  7. Kualitas plate : Anda perlu menanyakan material yang dipakai untuk manifold dan membandingkannya antar merek, apakah steel biasa atau pre harden steel, hal ini juga harus dipertimbangkan apabila anda mengharapkan mould akan berjalan dalam waktu yang lama. Jangan sampai manifold dengan cepat terjadi bending sebelum waktunya. Apabila anda membeli hot runner dalam paket hot half maka anda juga harus menanyakan material apa yang dipakai, jangan sampai hot half terjadi korosi sehingga menggangu jalan produksi dan memperjelek penampilan.
  8. Mudah dalam preventive dan repair : Sebelum deal pembelian terjadi anda harus menanyakan apakah hot runner system yang anda beli bisa mudah dalam preventive maupun repair. Apakah bisa dilakukan cleaning diatas mesin saat terjadi buntu dan apakah bisa dilakukan pengantian hot runner atau termocouple juga diatas mesin.
  9. Harga : Setelah mempertimbangkan semua hal maka masalah harga juga harus dimasukan dalam kriteria pemilihan karena bagaimanapun juga harga adalah menentukan estimasi production cost awal. 
  10. Garansi : Apakah hot runner yang akan anda beli memberikan garansi apabila ada problem pada produk mereka. Seberapa cepat mereka melakukan penggantian dalam spare part maupun penggantian type hot runner apabila dianggap perlu.
Begitulah hal-hal yang harus anda pertimbangkan dalam memilih hot runner system. Pada saat anda membeli merek tertentu maka anda tidak saja membeli kualitas produknya saja akan tetapi juga kualitas engineer dari supplier yang mensupportnya. Sesuai pengalaman kami maka saat ini di Indonesia yang bisa memenuhi semua kriteria diatas adalah merek Yudo. Saat ini hot runner merek Yudo telah berkembang secara agresif di Indonesia dimana mereka fast respon apabila ada problem dilapangan bukan saja saat mould testing tetapi juga pada saat produksi. Di Indonesia hot runner merek Yudo mempunyai representative yang didukung banyak sales dengan banyak engineer yang memungkinkan mereka melayani after sales service dengan sangan baik.



Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon