Rabu, 20 April 2016

Proses Pendinginan Produk Botol Saat Peniupan Blowing Pressure dan Pembilasan Udara Bilas Oleh Blowpin
Ilustrasi Proses Pendinginan Produk Botol Saat Peniupan dan Pembilasan oleh Udara Bilas Blowpin : Pada jaman dahulu pendinginan produk botol saat proses produksi hanya mengandalkan cooling sistem yang ada pada mould. Saat ini selain pendinginan yang dilakukan oleh cooling sistem, proses pengeluaran panas botol saat proses produksi dibantu oleh blowpin dengan cara pembilasan udara sesaat proses peniupan dilakukan.

Pada gambar diatas menggambarkan saat proses peniupan dan saat proses pembilasan oleh blowpin. Ilustrasinya yang lebih detail kami hadirkan dibawah ini yang mewakili proses peniupan dan pembilasan oleh blowpin secara umum meskipun pada beberapa mesin akan mempunyai langkah yang berbeda :

Proses Peniupan Blowing Pressure oleh Blowpin
Ilustrasi pertama menunjukkan proses blow awal. Kedua katup {B} dan {C} dibuka dan katup {A} dan {D} adalah tertutup. Kompresi udara {P} mengalir ke blow pin melalui manifold mesin {M} dan distributor udara {L}. Sebuah blowpin sederhana  dalam konfigurasi koaksial diilustrasikan dalam ukuran besar yang menunjukkan udara yang mengalir di kedua saluran kedalam produk. Tekanan ditunjukkan pada alat ukur {G} menunjukkan tekanan udara maksimum yang tersedia didalam proses. Parison ditekan sesuai bentuk rongga cavity dan ambien udara diantara parison dan cavity benar-benar keluar lewat celah venting.

Proses Pembilasan oleh Udara Bilas Blowpin
Ilustrasi ke dua menunjukkan katup {B} dan {D} dibuka sementara {A} dan {C} ditutup. Udara sekarang mengalir ke luar saluran blowpin melalui distributor {L}, pembilasan oleh udara bilas blowpin akan menghilangkan panas dari permukaan botol bagian dalam dan mengalir kembali melalui channel dalam dari blowpin  melalui manifold mesin  {M} ke katup throttle {E} dan akhirnya dibuang keluar. Pressure gauge menunjukkan lower back pressure. Katup throttle yang digambarkan adalah katup manual yang mengatur  back pressure di dalam produk dan flow rates udara selama cooling time.

Proses Semua katup terbuka lalu Udara Keluar
Ilustrasi ketiga menunjukkan katup {A} dan {D} adalah membuka dan katup {B} dan {C} ditutup. Sekarang semua udara di dalam produk dibuang keluar melalui kedua saluran blowpin, manifold mesin {M} dan distributor {L}. Pressure gauge menunjukkan tidak ada tekanan dalam produk. Kemudian mold dibuka dan produk ditransfer ke second mold untuk dideflash. Ketiga ilustrasi menjelaskan proses pendinginan udara internal yang paling sederhana dengan coaxial blow pin sederhana dan konfigurasi katup sederhana. 

Dari ilustrasi diatas akan memberi gambaran awal bagi anda sebagai referensi bagaimana panas yang ada pada area dalam parison di didinginkan melalui proses pembilasan oleh blowpin sehingga sebagai desainer akan mendapatkan gambaran lebih jelas betapa desain blowpin yang baik akan bisa berpengaruh terhadap hasil yang baik pada produk terutama kecepatan cycle time saat proses moulding.

Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon