Sabtu, 26 Maret 2016

Rumus Cara Menghitung Diameter Die pin Botol Inside Parison : Disebut inside karena parison yang dihasilkan die pin membentuk diameter parison lebih kecil dari diameter mulut botol.

Rumus Cara Menghitung Diameter Die pin Botol Inside Parison
Rumus Cara Menghitung Diameter Die pin Botol Inside Parison
Dalam menentukan berapa diameter die yang cocok supaya tidak melebihi diameter mulut botol pada permulaannya akan didekati sesuai pengalaman yang telah terjadi selama ini yaitu sebesar 0.7 sampai 0.75 x diamater mulut botol untuk material jenis PE dan PP. Dengan pendekatan diameter die maka diameter pin akan dapat lebih mudah ditentukan sesuai rumus diatas.
Pada boto-botol bulat masih bisa dicapai dengan menggunakan die pin inside parison walaupun perbandingan antara diameter terbesar botol terhadap diameter mulut botol lebih dari 3 dan akan menjadi lebih besar lagi apabila spesifikasi ketebalan dinding botol yang diijinkan lebih tipis.
Pada botol-botol bentuk oval atau persegi panjang mempunyai keterbatasan dalam hal ini dimana inside parison mempunyai perbandingan antara diameter terbesar botol terhadap diameter mulut botol umumnya lebih kecil dari nilai 3 dan beberapa bentuk botol memerlukan penambahan pengovalan pada diameter die ataupun pada bentuk pinnya.
Rumus pendekatan diatas akan efektif cocok digunakan apabila anda sudah mengenali karakter dari mesin blow moulding yang akan anda gunakan karena setiap mesin menghasilkan swelling factor yang berbeda yang disebabkan design head yang berbeda. Hal yang akan banyak membantu adalah apabila anda mempunyai data dari  beberapa diameter die pin yang telah digunakan dalam membuat botol sebelumnya pada mesin tersebut.

Sekian dulu tentang Rumus Cara Menghitung Diameter Die pin Botol Inside Parison. Semoga banyak membantu anda terutama yang baru mengawali masuk dalam dunia plastik kemasan.

Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon