Sabtu, 27 Februari 2016

Urutan Proses Pembentukan Produk Pada Mesin Ekstrusi Blow Moulding : Secara umum dalam pembentukan produk pada proses yang menggunakan mesin  ekstrusion blow moulding sangatlah ditentukan oleh pengetahuan dan pengalaman para setter operator yang menjalankan mesin tersebut dengan perbandingan 60% skill dan 40% kualitas mold. Mould blow adalah merupakan mold yang sederhana atau simple sedangkan mesin ekstrusion blow moulding adalah merupakan mesin yang mempunyai banyak parameter setting dimana apabila penentuan parameter setting dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan hasil produk yang baik sesuai yang diharapkan.

Urutan Proses Pembentukan Produk Pada Blow Moulding
Urutan Proses Pembentukan Produk Pada Blow Moulding
Pada gamar ilustrasi diatas dengan jelas terlihat urutan proses pembentukan produk dengan menggunakan mesin ekstrusion blow moulding.

  • urutan pertama adalah mould membuka dan parison mengalir kebawah dalam bentuk tabung atau selongsong. Disaat panjang parison dirasa cukup atau sudah melewati area bottom mould maka mould menutup dan pisau memotong parison bagian atas.

  • Setelah parison terpotong maka mould bergerak menuju blowpin dan blowpin bergerak masuk kebagian mulut neck mold dan menabrak striker plate. Striker plate adalah terbuat dari tool steel yang sudah dikeraskan sehingga sangat kuat dan tahan lama. Disaat terjadi tubrukan antara cutting sleeve blowpin dan striker plate membuat sisa parison bagian atas terpotong atau hampir terpotong. 
  • Lalu blowpin meniupkan angin dan membuat parison melekat pada dinding mould. Disaat parison yang dalam keadaan panas melekat pada dinding yang dingin maka terjadilah proses pendingan yang membuat plastik dingin dan membeku. Panas parison tidak hanya diserap secara konduksi oleh dinding mould tapi juga secara konveksi yang dilakukan oleh udara bilas disaat valve blowpin terbuka.
  • Setelah produk terbentuk maka mold terbuka dan berpindah kembali kebawah die untuk menunggu parison dan produk tergantung dibawah blowpin karena mulut produk yang sudah beku mencengkeram blowpin tip atau ujung blowpin. Kemudian take off device atau second mould bergerak memegang produk yang dilanjutkan gerakan blowpin keatas untuk melepaskan mulut produk. Supaya produk tidak tertarik keatas terbawa blowpin maka mulut produk ditahan oleh neck holder dan supaya sisa potongan parison atas tidak terbawa blowpin maka ditahan oleh sarang blowpin atau deck blowpin. 
  • Setelah produk terlepas dari blowpin maka dilakukan pemotongan sisa abfal atas bila ada dan abfal bagian bawah oleh punching device dan dilanjutkan peletakan produk diatas conveyor.
  • Bersamaan dengan itu mould telah mengkap parison untuk melaksanakan siklus berikutnya.

Begitulah sedikit ilustrasi prose pembentukan produk pada mesin ekstrusi blow moulding. Semoga bermanfaat.

Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon