Sabtu, 27 Februari 2016

Jenis Die pin Yang Digunakan Pada Mesin Blow Molding : Secara umum type dari die pin hanya ada dua macam yaitu type konvergen dan divergen. Untuk type advance ada type die yang berbentuk collabsible yang bisa membesar dan mengecil sesuai kebutuhan yang dikontrol oleh Parison Wall Distribution System.

Jenis Die pin Konvergen dan Divergen Mesin Blow Molding
Jenis Die pin Konvergen dan Divergen Mesin Blow Molding
Material steel yang digunakan untuk die pin umumnya menggunakan material steel yang mengandung chrome atau Cr minimal 13% yang sudah dikeraskan atau minimal pre harden. Pertimbangan pemilihan die pin divergen atau konvergen tergantung bentuk head dan spesific process equipment yang dipakai. Diameter die pin yang direncanakan sangat tergantung pada dimensi atau ukuran dari produk yang akan dibuat dan usahakan untuk mendapatkan die pin sebesar mungkin dimana hal ini untuk meminimkan blow up ratio yaitu ratio perbandingan dari besarnya dimensi produk dengan ukuran parison
Die Pin Divergen untuk Produk Bulat
Die Pin Divergen untuk Produk Bulat


Pada produk bulat digunakan die pin dengan bentuk bulat dimana besaran gap antara die dan pin disesuaikan dengan berat produk.

Die Pin Konvergen untuk Produk Oval Simetris
Die Pin Konvergen untuk Produk Oval Simetris
Pada produk dengan bentuk oval maka diperlukan pengovalan pada bentuk die atau pada pin dimana hal ini diperlukan supaya didapatkan distribusi ketebalan dinding produk secara merata.

Die pin untuk Produk tidak Simetris
Die pin untuk Produk tidak Simetris
Pada bentuk produk yang tidak simetris maka pelu dilakukan improvisasi dimana umumnya perlu dilakukan pengovalan hanya pada satu sisi dari die saja. Sekian dulu untuk jenis atau type die pin semoga berguna bagi anda.

Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon