Jumat, 02 Januari 2015

Menentukan Shrinkage yang Tepat saat Pembuatan Mold : Hal yang penting dalam pembuatan mold adalah menentukan shrinkage. Shrinkage pada plastic moulding mempunyai arti adalah penyusutan dimensi produk saat produk keluar dari mold sampai temperatur produk tersebut sama dengan suhu ruang. Selama temperatur produk masih lebih tinggi dari suhu ruang maka proses shrinkage masih terus terjadi. Selain temperatur adalah injection pressure pada saat produksi juga mempengaruhi besar kecilnya shrinkage.

Pada mold dengan tingkat resiko rendah dimana tuntutan dimensi tidak terlalu menjadi masalah umumnya mold langsung dibuat berdasarkan ketentuan shrinkage yang telah ada atau berdasarkan pengalaman. Tetapi apabila tuntutan dimensi produk tinggi serta tuntuan pada mold saat proses produksi juga tinggi maka perlu dilakukan pembuatan pilot mold untuk menentukan shrikage yang tepat sasaran.

Umumnya penentuan dimensi produk menjadi jauh lebih sulit apabila proses produksi dituntut berjalan dengan cycle time cepat (dibawah 5s) untuk memenuhi kapasitas produksi dalam rangka memenuhi permintaan customer. Pada pembuatan mold dengan kapasitas besar (multi cavity) memang harus teliti dan presisi dalam rangka memenuhi hal tersebut.

Menentukan Shrinkage factor yang Tepat saat Pembuatan Mold
Shrinkage factor pada multicavity mold

Pada moldmaker biasa, pilot mold akan dibuat khusus dengan jumlah cavity minimal atau tidak mirip dengan jumlah cavity pada mold yang sesungguhnya tapi hal tersebut sering tidak 100% mewakili shrinkage actual dari mold dengan jumlah cavity yang besar sehingga sering menyulitkan dalam pencapaian cycle time saat proses produksi.  Pada moldmaker besar umumnya mempunyai spesialisasi pada bentuk produk tertentu sehingga mereka sudah matang dalam pembuatan mold jenis tersebut dan sudah mempunyai mold sejenis (multi cavity) untuk pembuatan pilot mold. Pilot mold akan di insertkan pada mold sejenis sehingga saat proses trial pada pilot mold tersebut akan mirip dengan mold yang akan dibuat.

Shrinkage factor yang Tepat saat Pembuatan Mold
Shrinkage factor thermoplastic
Tabel diatas adalah shrinkage factor thermoplastic yang kami dapat dari supplier komponen mold terbesar di Asia. Shrinkage tersebut umum bisa terpakai dimana bila dilakukan proses produksi secara umum atau normal. Pada cycle time cepat maka shrinkage factor umumnya akan keluar dari kaidah tersebut.

Sementara cukup sekian pembahasan shrinkage factor dalam penentuan shrinkage yang tepat dalam pembuatan mold. Sebenarnya masih banyak yang harus diulas dan akan kami lakukan dilain kesempatan. Semoga bermanfaat.


3 komentar

Tks pak... mantap..
Kalau shrinkagenya polyacetal berapa angkanya yang tepat?

Tks pak... mantap..
Kalau shrinkagenya polyacetal berapa angkanya yang tepat?

Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon