Sabtu, 06 Desember 2014

Urutan Proses Dalam Pembuatan Design Mold Injection Produk tipis Thin Wall
Pada saat pembuatan mold umumnya dimulai dengan adanya suatu project, dimana dalam project tersebut kita sudah dapat produk drawing dari customer (atau memulainya dengan mendesain produk ) dan sudah diketahui atau diestimasikan kebutuhan produk dalam satu bulan atau satu tahun sehingga bisa ditentukan berapa jumlah cavity dari mold yang akan dibuat serta berapa cycle time dalam proses produksi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Pada pertimbangan supaya lebih effisien maka telah diputuskan untuk menggunakan hot runner system. Keuntungan penggunaan  hot runner system adalah  tidak menciptakan waste/ abfal dalam setiap cycle dan juga akan mengurangi kebutuhan clamping force dimana hal tersebut dimungkinkan sebab dalam setiap cavity dilayani oleh satu hot runner gate yang seolah berperan sebagai sprue untuk single cavity.
Dari data diatas maka dapat dicari pendekatan berapa clamping force yang dibutuhkan untuk dapat sempurnanya proses moulding nantinya. Dengan hal terebut maka kita dapat memilih mesin injection yang memenuhi criteria dan sesuai demi sempurnanya proses moulding.
Dengan telah dipilihnya mesin injection maka kita bisa start mendesign mold dimulai dengan menentukan shrinkage factor yang dipakai serta membuat layout  peletakan cavity dengan menentukan jarak cavity satu dan lainnya dengan mempertimbangkan perkiraan besarnya dimensi mold supaya bisa masuk dalam tiebar mesin dan memnuhi maksimum serta minimum thickness yang disyaratkan oleh mesin. Juga tidak kalah pentingnya adalah pemilihan jenis steel yang dipakai karena hal tersebut  menentukan dimensi yang diijinkan sehubungan dengan kemampuan baja untuk menahan injection pressure pada saat proses moulding.
Cooling system adalah hal terpenting dalam injection moulding khususnya saat anda sedang mempunyai project dengan produk yang tipis atau thin wall dimana mold harus jalan dengan cycle time cepat. Pengontrolan temperature harus mampu membuat mold selalu dalam kondisi  temperature konstan atau  temperature mold  kembali dalam temperature awal dalam setiap cycle saat proses produksi sudah stabil. Dalam perancangan awal apabila proses moulding sudah dirancang untuk cycle time cepat (3 – 5 second) kadangkala cooling system tidak mampu menyerap panas yang dihasilkan oleh plastic cair dalam pembetukan produk sehingga dibutuhkan pendinginan produk diluar mold setelah proses ejection terjadi (cooling by blow air dalam konveyor tertutup yang memang sudah dirancang untuk mampu mendinginkan produk minimal temperature menjadi mendekati suhu ruang sebelum produk dipacking dalam karton. Ketersediaan heat exchanger dalam mengendalikan temperature mold adalah penting dimana dengan alat tersebutlah cooling system akan dapat dicontrol lebih mudah. Dalam bisnis injection moulding siapa yang mampu mengendalikan cooling system dengan baik maka dia akan mampu membuat proses produksi menjadi lebih ekonomis.
Ejection system adalah proses dimana produk dikeluarkan dari mold sebelum mold menutup kembali untuk melanjutkan proses produksi. Pengeluaran produk untuk produk tipis dengan cycle time cepat umumnya menggunakan tekanan udara. Hal ini sangat beralasan karena saat mold open produk dalam keaadan panas sehingga lebih effisien apabila menggunakan udara untuk pengeluarannya.

Venting adalah proses pengeluaran udara atau gas saat plastic di injeksikan kedalam ruang cavity. Kesempurnaan venting dituntut apabila kita menginginkan produk terbentuk secara sempurna, khususnya proses moulding dengan ct cepat sangat diperlukan untuk menghilangkan tekanan balik yang dihasilkan oleh udara yang terdesak saat plastic cair memasuki ruang cavity. Untuk mesin yang memang dikhususkan untuk thin wall umumnya telah dilengkapi dengan sequence dimana sebelum proses filling maka mold close atau wagen bisa diatur pressurenya sehingga mold belum menutup sempurna (member kesempatan udara terjebak keluar) dan setelah filling selesai sebelum holding baru wagen diberi pressure lebih besar sehingga mold menutup sempurna untuk menghindari terjadinya flash.


Silahkan saling bertanya dan berbagi informasi lewat kolom komentar ini, terimakasih.
EmoticonEmoticon